Keuntungan Menerapkan ISO 28000

Keuntungan Menerapkan ISO 28000

Hubungi Kami

PT Dinamika Mitra Global
Gedung RCC Group
Jalan TB. Simatupang No 29, Kebagusan Pasar Minggu, Jakarta Selatan
Phone : 081 1144 6030
WhatsApp : 0878 2010 6030

Sekilas Tentang ISO 28000

ISO 28000 adalah standar yang menetapkan persyaratan sistem manajemen keamanan terutama yang berhubungan dengan jaminan keamanan dalam rantai pasokan. Tujuan dari standar ISO 28000 ini adalah mengkoordinasikan mekanisme manajemen risiko antar fungsi dengan baik, meningkatkan pengukuran kinerja dan perbaikan berkesinambungan..
Perusahaan yang telah menerapkan ISO 28000 akan mendapatkan penghargaan ISO 28000 dari Instansi internasional. Masa berlaku penghargaan adalah 3 tahun dan setiap tahun akan diaudit oleh Instansi yang ditunjuk untuk menilai kembali konsistensi kesesuaian implementasinya.

Pengiriman dan Pengangkutan barang secara global tidak pernah begitu rumit, dan menimbulkan banyak ancaman bagi organisasi termasuk pencurian, terorisme, penyelundupan, pelestarian integritas merek dan keamanan produk. Namun, organisasi dapat menunjukkan bahwa mereka telah mengidentifikasi aspek penting terhadap keamanan rantai pasokan mereka dan memiliki kebijakan, prosedur dan kontrol untuk mengelola risiko keamanan dengan Standar ISO 28000.

baca jugaJasa Konsultasi ISO – Penting untuk Usaha Kecil atau Industri Besar

ISO 28000:2007 menentukan persyaratan untuk sistem manajemen keamanan, termasuk aspek-aspek yang penting untuk jaminan keamanan rantai pasokan. Manajemen keamanan dikaitkan dengan banyak aspek manajemen bisnis lainnya. Aspek mencakup semua aktivitas yang dikendalikan atau dipengaruhi oleh organisasi yang berdampak pada keamanan rantai pasokan. Aspek lainnya pun harus dipertimbangkan secara langsung, dimana dan kapan dampaknya terhadap manajemen keamanan, termasuk mengirim dan mengangkut barang-barang dalam rantai pasokan.

Manfaat dari Penerapan ISO 28001

Mengadopsi ISO 28001 memiliki manfaat strategis, organisasi dan operasional yang luas yang menyadari seluruh rantai pasokan dan praktek bisnis. Manfaat termasuk, namun tidak terbatas pada:

  1. Terpadu perusahaan ketahanan
  2. Sistematis manajemen praktek
  3. Peningkatan kredibilitas dan pengenalan merek
  4. Blok terminologi dan konseptual penggunaan
  5. Peningkatan kinerja rantai pasokan
  6. Benchmarking terhadap kriteria internasional dikenali
  7. Lebih besar kepatuhan proses

Organisasi Penerap ISO 28001

ISO 28000:2007 berlaku untuk semua ukuran organisasi, dari kecil ke multinasional, di bidang manufaktur, layananpenyimpanan, atau transportasi pada setiap tahap dari rantai produksi atau suplai yang ingin:

  1. Menetapkan, menerapkan, memelihara dan meningkatkan sistem manajemen keamanan
  2. Menjamin kesesuaian dengan kebijakan keamanan menyatakan manajemen
  3. Menunjukkan kesesuaian tersebut kepada orang lain
  4. Mencari sertifikasi / registrasi sistem manajemen keamanan oleh pihak Badan Sertifikasi Terakreditasi ketiga; atau
  5. Membuat penentuan nasib sendiri dan self-deklarasi kesesuaian dengan ISO 28000:2007

Dinamika Consulting menawarkan Pelatihan dan Konsultasi ISO. Dinamika Consulting sudah mendampingi penerapan sistem manajemen ISO dengan berbagai perusahaan ternama. Untuk info lebih lanjut hubungi PT. Dinamika Mitra Global.

(Dewi)

About the author

Dinamika Mitra Global administrator

WhatsApp chat