Apa Saja Kah Manfaat Dari Sertifikasi ISO 22000

Apa Saja Kah Manfaat Dari Sertifikasi ISO 22000

https://dinamikaconsulting.com/

Apa Saja Kah Manfaat Dari Sertifikasi ISO 22000

 

Apa Saja Kah Manfaat Dari Sertifikasi ISO 22000-ini sangat membantu suatu organisasi demi meminimalkan risiko makanan dan meningkatkan berbagai kinerja yang terkait dengan keamanan di bidang pangan. Hal ini dilakukan dengan memberikan kerangka kerja yang dapat mereka gunakan untuk mengembangkan FSMS, pendekatan sistematis untuk menangani masalah dalam bidang keamanan pangan. manfaat dari ISO 22000 ini seperti:

 

  1. Peningkatan Kesehatan dan keselamatan – Meminimalkan resiko keamanan makanan membawa pada kesehatan dan keselamatan yang lebih baik bagi para pelanggan, pengguna lain, karyawan, dan orang lain yang mungkin bersentuhan dengan makanan.
  2. Peningkatan kepuasan para pelanggan – Memiliki FSMS membantu kalian memberikan produk yang memenuhi harapan pelanggan dengan kalian.
  3. Membantu memenuhi persyaratan peraturan – Kepatuhan terhadap persyaratan dan peraturan diperlukan untuk mencapai sertifikasi ISO 22000. Dengan memiliki FSMS dapat membantu perusahaan kalian demi memenuhi persyaratan ini dan memahami tentang bagaimana mereka berdampak pada organisasi dan pelanggan.
  4. Membantu memenuhi standar dan pedoman lain – ISO 22000 ini dapat menghubungkan suatu organisasi ke berbagai pedoman internasional lainnya dan dapat membantu organisasi memenuhi persyaratan sistem tersebut
  5. Transparansi yang ditingkatkan – ISO 22000 akan membantu suatu organisasi meningkatkan kualitas produk mereka. Dan mencapai transparansi yang lebih besar terkait operasi.
  6. Peningkatan respons terhadap suatu resiko – Memiliki FSMS dapat membantu organisasi merespons lebih cepat dan efisien terhadap masalah yang dapat membahayakan keamanan di bidang pangan, membantu mereka menghentikan potensi dari kontaminasi sebelum terjadi.
  7. Pengurangan waktu investigasi – Jika terjadi kontaminasi, FSMS akan membantu suatu organisasi untuk mengurangi waktu yang dibutuhkan. Dalam menyelidiki setiap pelanggaran dalam hal keamanan pangan, memecahkan masalah dengan kurun waktu lebih cepat.

 

Standar itu sendiri juga menawarkan beberapa keunggulan dibandingkan sistem lain:

 

  1. Struktur yang konsisten – Struktur ISO 22000 sendiri mirip dengan standar internasional lainnya. Struktur Ini dirancang untuk berintegrasi mulus dengan sistem manajemen lain dari ISO sendiri, seperti ISO 9001, ISO 45001 dan ISO 14001.
  2. Pengakuan global – ISO 22000 adalah standar yang terkenal dan diakui secara internasional. Sertifikasi terhadap standar ini meningkatkan reputasi suatu organisasi. Dengan pelanggan, pemasok, investor, kelompok pengawas, dan pihak lain yang ada di seluruh dunia.
  3. Peluang bisnis yang meningkat – Sertifikasi ke standar internasional seperti ISO 22000 telah membuka pintu bagi bisnis. Beberapa organisasi memerlukan sertifikasi sebelum mereka memasok produk mereka ataupun bekerja sama dengan perusahaan lain.

 

Siapa yang Harus Mematuhi ISO 22000 dan Mendapatkan Sertifikasi?

 

ISO 22000 ini berlaku bagi organisasi apa pun yang merupakan bagian dari industri makanan. Ataupun rantai makanan, terlepas dari ukuran organisasi atau posisinya di sepanjang rantai makanan.

 

Organisasi-organisasi ini dapat berupa produsen makanan, bahan dan aditif, produsen pakan, organisasi yang terlibat dalam pengangkutan atau penyimpanan makanan. Atau organisasi yang mensub kontrakkan ke perusahaan terkait makanan. Organisasi yang terkait dengan industri makanan tetapi tidak secara langsung dari bagian itu juga dapat menggunakannya. Seperti Organisasi yang memproduksi peralatan, bahan kemasan ataupun bahan pembersih yang digunakan untuk industri makanan.

Jika kalian sedang membutuhkan jasa Konsultan ISO, Kami dari DINAMIKA CONSULTING dengan senang hati membantu kalian.

 

 

About the author

oki prasetyo editor

WhatsApp chat