Beberapa Persyaratan Standar ISO 22000

Beberapa Persyaratan Standar ISO 22000

Beberapa Persyaratan  Standar ISO 22000

https://dinamikaconsulting.com/

Beberapa Persyaratan  Standar ISO 22000 – ISO 22000 adalah suatu standar internasional yang telah menggabungkan dan juga melengkapi elemen utama dari ISO 9001 dan HACCP (Hazard Analysis & Critical Control Points) .

Dalam hal penyediaan suatu kerangka kerja yang efektif untuk pengembangan, penerapan, dan peningkatan yang berkesinambungan dari Sistem Manajemen Keamanan Pangan (SMKP).

 

Sekarang  kita akan membahas mengenai persyaratan-persyaratan yang ada di dalam standar ISO 22000. Pada dasarnya ISO 22000 ini telah mensyaratkan kalian untuk merancang dan mendokumentasikan Sistem Manajemen Keamanan Pangan (FSMS).

 

Secara umum ISO 22000 ini telah mempersyaratkan hal-hal sebagai berikut ini :

  • Komunikasi interaktif

  • Manajemen sistem

  • Program prasyarat dasar (prerquisite program; PRP)

  • Prinsip-prinsip HACCP

Komunikasi Yang Interaktif,

Komunikasi yang ada di seluruh rantai pangan ini sangatlah penting . Untuk memastikan bahwa semua bahaya keamanan pangan yang relevan dapat diidentifikasi .

Dan dikendalikan secara cukup pada setiap tahapan rantai pangan. Hal ini menyiratkan akan perlunya komunikasi antar sesama organisasi seperti hulu dan hilir yang ada di dalam rantai pangan.

Komunikasi dengan pelanggan dan para pemasok mengenai bahaya tertentu dan juga beberapa tindakan pengendaliannya . Yang akan membantu menjelaskan tentang persyaratan pelanggan dan juga pemasok.

(contohnya : seperti yang berhubungan dengan kelayakan ataupun kebutuhan akan persyaratan serta dampaknya pada kualtas produk akhir).


Baca Juga :Manfaat ISO 22000 Untuk Pemerintah


Manajemen Sistem

Sistem keamanan pangan yang paling efektif telah ditetapkan, dioperasikan dan disempurnakan dalam kerangka sistem manajemen yang terstruktur.

Dan dipadukan ke dalam keseluruhan kegiatan manajemen suatu organisasi yang ada. Hal Ini akan memberikan manfaat maksimum bagi suatu organisasi dan pihak-pihak yang terkait.

Standar ini telah diselaraskan dengan standar ISO 9001 untuk meningkatkan kesesuaian di antara kedua standar tersebut.

 

Standar ISO 22000 ini dapat diterapkan secara independen terhadap standar sistem manajemen yang lainnya. Dalam implementasinya dapat diselaraskan atau diintegrasikan dengan beberapa persyaratan sistem manajemen yang ada.

Disamping itu suatu organisasi dapat memanfaatkan sistem manajemen yang ada untuk menetapkan sistem manajemen keamanan pangan yang telah sesuai dengan persyaratan standar keamanan ini.

Program Prasyarat Dasar (Prerequisite Program;PRP) dan Prinsip HACCP,

Standar ISO 22000 menggabungkan beberapa prinsip-prinsip dalam Sistem Analisis Bahaya dan Pengendalian Titik Kritis (HACCP) dan langkah-langkah penerapan yang sudah dikembangkan oleh Codex Alimentarius Commission (CAC).

Dengan menggunakan persyaratan yang dapat diaudit, standar ini telah mengkombinasikan rencana HACCP dengan program PRP.

Analisis bahaya merupakan kunci sistem manajemen keamanan pangan yang telah  efektif, mengingat analisis bahaya ini dapat membantu mengorganisasikan suatu pengetahuan yang diperlukan untuk menetapkan tindakan pengendalian yang lebih efektif lagi kedepannya.

Standar ini telah mensyaratkan bahwa semua bahaya yang mungkin timbul dalam sebuah rantai pangan, termasuk bahaya yang terkait dengan jenis proses dan juga fasilitas yang telah digunakan, dapat diidentifikasi dan dikaji kembali.

Dengan demikian, standar ini memberikan cara untuk menetapkan dan membuktikan mengapa bahaya tertentu perlu dikendalikan oleh suatu organisasi dan mengapa yang lainnya tidak.

 

Jika anda ingin tau lebih mendalam tentang ISO,

anda bisa cek di website kami di Konsultan Iso .Selain itu,Kami juga menyediakan pelatihan secara langsung dan kompeten.Kami juga sudah bekerja sama dengan berbagai perusahaan yang besar.

Kami sangat antusias dengan pengembangan profesional Anda yang berkelanjutan dan berkomitmen untuk membantu Anda meningkatkan sistem dan mencapai tujuan Anda.

Kami di sini untuk mendukung para profesional dalam manajemen di semua level dan organisasi dari semua jenis dan ukuran.

Jika Anda membutuhkan saran tentang program pembelajaran dan pengembangan terbaik, kami akan dengan senang hati membantu Anda.

Anda coba cek saja terlebih dahulu website kami di Konsultan Iso dan ayo segera daftar. Sekian dari kami dan terimakasih.

 

-EL

About the author

erliyana efendi editor

WhatsApp chat