Penerapan suatu management  ISO 50001

Penerapan suatu management  ISO 50001

https://dinamikaconsulting.com/

Penerapan suatu management  ISO 50001

 

Penerapan suatu management  ISO 50001-iso 5001 adalah standar internasional yang menyediakan kerangka kerja. Untuk membantu suatu perusahaan dalam mengelola pasokan dan juga konsumsi energi dalam organisasi. Dalam standar sistem manajemen energi iso 5001 ini berlaku untuk semua aspek penggunaan energi. Dan juga memungkinkan untuk membantu suatu organisasi dan pemasok nya mengambil pendekatan sistematis untuk mencapai peningkatan yang berkelanjutan. Demi kinerja energi.

sistem manajemen energi di industri otomotif yaitu merupakan sangat penting untuk mengurangi biaya-biaya energi. Dalam industri global di mana persaingan sangatlah sengit dalam perusahaan otomotif dan para pemasok nya sangat perlu untuk membangun sebuah infrastruktur. Untuk mengetahui bagaimana kapan dan dimana semua bentuk energi yang akan digunakan dalam fasilitas mereka. Dan juga mengoptimalkan suatu biaya energi dengan mengurangi paparan fluktuasi harga energi dan juga untuk melacak semua biaya energi per unit produksi.

Dalam penerapan standar ISO 50001

Dalam penerapan standar ISO 50001 tidak harus dibangun dari dasar namun dalam sistem manajemen energi dapat diintegrasikan ke dalam standar ISO 14001. Yang mana dalam sistem manajemen ini sudah banyak diterapkan di setiap perusahaan otomotif dan untuk pemasoknya saat ini. Sehingga sebuah organisasi selain dapat terus mengelola semua lingkungan yang mungkin terus bermunculan dari kegiatan produksi. Pada saat yang sama dapat mengevaluasi juga mengukur dan mengurangi penggunaan dan konsumsi energi. Bagian penting dalam penerapan standar ISO 50001 ini sebenarnya dapat mengadopsi dari bagian yang sudah kita kenal dalam siklus standard iso 9001.

iso 50001 ini guna memfasilitasi implementasi dalam sebuah struktur standar yang akan berdasarkan pada elemen standar sistem manajemen iso pada umumnya. Misalnya dalam sebuah sistem manajemen lingkungan iso 14001 di mana Aisyah 14001 ini. Ditunjukkan dengan area yang relevan dengan lingkungan seperti manajemen sumber daya sistem operasi. Dan semua proses yang akan ditujukan untuk realisasi produk termasuk misi mereka dan juga limbah beserta buangan lainnya.

Adapun beberapa manfaat yang akan didapatkan oleh perusahaan yang sudah tersertifikasi ISO 50001 ini:

Memangkas biaya energi perusahaan

Manajemen energi ISO 50001 dapat mengurangi konsumsi melalui pemantauan yang terstruktur pada penggunaan energi, sehingga meningkatkan efisiensi energi dan dapat sangat membantu perusahaan untuk berhemat.

Ekuitas merek

Sertifikasi ISO 50001 menunjukkan komitmen kalian terhadap tanggung jawab kalian terhadap lingkungan. Dengan memastikan kepatuhan terhadap hukum energi setempat untuk terus meningkatkan reputasi perusahaan kalian.

Efisiensi yang berkelanjutan

Dengan melakukan pengawasan kinerja energi terhadap benchmark industri kalian untuk mengidentifikasi peningkatan, kalian bisa yakin bahwa bisnis perusahaan kalian akan berjalan dengan efisiensi yang optimal untuk jangka waktu yang panjang.

Penghematan finansial

Organisasi sering kali mengabaikan beberapa peningkatan dari efisiensi energi yang potensial. ISO 50001 menyoroti peluang ini untuk mendapatkan dan merealisasikan potensi dari sistem manajemen energi yang ada pada perusahaan kalian sepenuhnya.

Jika kalian masih bingung mengenai ISO 50001 ini dan kalian sedang membutuhkan jasa Konsultan ISO, kami dari DINAMIKA CONSULTING akan dengan senang hati membantu kalian.

About the author

oki prasetyo editor

WhatsApp chat