Hal Yang Berkaitan Dengan ISO 22000

Hal Yang Berkaitan Dengan ISO 22000

Hal-Hal Yang Berkaitan Dengan Keamanan Pangan

 

https://dinamikaconsulting.com/

 

Hal Yang Berkaitan Dengan ISO 22000. Apa saja sih hal-hal yang berkaitan dengan keamana pangan? Sebelum penjelasan tentang hal-hal yang berkaitan dengan keamanan pangan. Mari simak penjelasan tentang sistem manajemen pangan

 

Sistem Manajemen Pangan

ialah sistem yang menggabungkan antara elemen inti dari ISO 22000 dengan HACCP. Sistem ini bertujuan memberikan Kerangka kerja efektif untuk organisasi dalam mengembangkan perbaikan dari sistem manajemen keamanan pangan.

Selain menjaga nama baik perusahaan sistem ini dapat meningkatkan permintaan konsumen atas kepercayaan terhadap organisasi tersebut. Peningkatan permintaan konsumen ini menjadikan penyebab organisasi terus mengembangkan kualitas makanannya dan sistem manajemen keamanan pangan.

Awalnya pada tahun 2001 ISO membangun standar pengecekan yang berkelanjutan serta mendefinisikan peran haccp dalam sistem manajemen.  kemudian puncak dari pengecekan tersebut menghasilkan standar ISO 22001 sebagai sistem manajemen keamanan pangan.

Terbentuknya standar ISO 22000 bertujuan untuk menentukan syarat akan manajemen keamanan pangan untuk perusahaan yang membutuhkan standar tersebut. 

Sistem ini merupakan standar yang mencakup antara kebutuhan konsumen dan kebutuhan pasar. Tujuannya menyederhanakan proses tanpa berdampak buruk pada kualitas dan sistem manajemen lainnya.

 

Berbagai Hal Yang Berkaitan Dengan Keamanan Pangan

Berikut adalah hal-hal yang terkait dengan Keamanan pangan sesuai peraturan perundang-undangan tentang keamanan pangan yang dikeluarkan oleh pemerintah, yaitu :

 

  • Sinitasi Pangan

Kegiatan ini dimaksudkan untuk menghilangkan bahaya-bahaya kesehatan yang mungkin terjadi dari  sel mikroba yang berkembang biak. Serta mengurangi bahaya-bahaya lainnya tanpa mempengaruhi kualitas produk dan keamanan bagi para konsumen.

Hal yang dibutuhkan dalam proses sinitasi :

  • Air bersih sangat dbituhkan untuk pasokan air bersih yang mencukupi kebutuhan standar air minum.
  • Fasilitas kebersihan untuk karyawan menjadi jaminan atas kebersihan proses produksi Agar menghindari pencemaran pangan
  • Begitupun fasilitas penyimpanan bahan baku serta bahan lainnya juga harus higienis

 

  • Penggunaan Bahan Tambahan Pangan

Hal ini diatur dalam Undang-Undang pasal 10 sampai 12 No. 7 Tahun 1996. Penggunaan Bahan Tambahan Pangan harus diatur agar bisa mencegah bahaya bagi manusia yang disebabkan oleh makanan. 

 

Baca Juga : Peran Penerapan ISO 22000

 

  • Rekayasa Genetika

Proses Rekayasa Genetika merupakan proses pemindahan gen dari jenis yang satu ke yang lain, demi terciptanya suatu jenis baru dan lebih unggul.

Para produsen juga harus memastikan bahwa produknya aman bagi kesehatan dan tidak membahayakan sebelum di sebar ke pasaran.

 

  • Kemasan Pangan

Dalam membungkus produknya para produsen juga harus memberikan kemasan yang aman dan melindungi produknya. Sehingga tidak berbahaya bagi konsumen.

 

  • Penggunaan Bahan Berbahaya

produsen makanan dilarang keras menggunakan atau mencampurkan bahan berbahaya ke dalam produknya. Contoh bahan berbahaya tersebut adalah : Boraks, Formalin dan berbagai jenis bahan berbahaya yang lain.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan oleh produsen makanan agar produknya aman bagi semua konsumen.

 

Jasa Konsultan ISO

 

Apakah anda masih untuk mencari Jasa Konsultan yang terpercaya ?

Dinamika Consulting adalah konsultan bidang ISO yang akan membantu anda dalam memperoleh sertifikat ISO dan juga menerima Jasa Pelatihan ISO.

konsultan ini sudah mempunyai banyak kerja sama dengan berbagai perusahaan besar, yang membuktikan bahwa kinerjanya memang bagus sehingga dipercaya oleh berbagai perusahaan tersebut.

untuk info lebih lanjut bisa kunjungi website kami di Jasa Konsultan ISO.

 

– NA

About the author

nana amana editor

WhatsApp chat