Penerapan HACCP pada ISO 22000

Penerapan HACCP pada ISO 22000

Penerapan HACCP pada ISO 22000

Terdapat sistem HACCP pada penerapan ISO 22000. Apa dampak dari penerapan HCCP pada ISO 22000? Sebelum ke penjelasanya mari baca pengertian FSMS terlebih dahulu.

 

Pengertian Food Safety Management System

ISO 22000 mengatur tentang food safety management system atau sistem manajemen keamanan pangan. Standar ISO 22000 bertujuan untuk mengelola persyaratan tentang manajemen pangan bagi perusahaan. Perusahaan yang bergerak di bidang pangan harus memenuhi standar peraturan keamanan pangan di seluruh dunia.

 

Sistem manajemen keamanan pangan ini tentunya sudah mencangkup semua kebutuhan konsumen dan pasar. Sistem ini dapat diterapkan dengan sistem manajemen mutu dan keselamatan lainnya.

 

ISO 22000 tentang sistem manajemen keamanan pangan menggabungkan elemen kunci dalam keamanan rantai makanan. Sistem ini menerapkan prinsip HACCP. 

HACCP yang diterapkan pada ISO 22000

Berikut adalah sistem haccp yang diterapkan pada ISO 22000 :

 

Analisis Bahaya

Apapun aspek pada mata rantai makanan yang dapat menimbulkan masalah keamanan pangan harus dianalisis terlebih dahulu. Seperti bahaya yang ditimbulkan oleh pencemaran biologis, kimiawi, atau fisik bahan pangan.

Serta bahaya lain yang mencakup pertumbuhannya mikroorganisme yang tidak dikehendaki selama proses produksi. Dan terjadinya kontaminasi silang pada produk dan lingkungan produksi.

 

Mengidentifikasi Point Kontrol kritis

Pada suatu titik atau tahap dimana bahaya yang berhubungan dengan pangan dapat dicegah atau dikurangi sehingga dapat menjaga hasil produksi yang baik. Terdapat dua titik pengendalian kritis yaitu :

  • Titik dimana bahaya dapat dihilangkan
  • Bahaya hanya dapat dikurangi

 


Batas Krits

Batas kritis artinya itu dapat memisahkan kriteria yang bisa diterima dengan yang tidak bisa diterima. Setiap pembuatan titik kendali kritis kita juga harus membuat batas kritis dan kemudian melakukan validasi terhadap kritis tersebut.

Kegiatan umum yang sering digunakan dalam menentukan batas kritis haccp pangan adalah suhu, Ph, waktu, tingkat ketebalan, dan lain-lain

 

Sistem Pemantauan

Sistem pemantauan berisi sebuah urutan operasi dan pengukuran selama terjadinya proses produksi makanan. Hal yang satu ini termasuk sistem pelacakan operasi dan penentuan kontrol mana yang harus dirubah ketika terjadinya sebuah penyimpangan. Dalam melakukan pemantauan atau monitoring biasanya harus menggunakan catatan tertulis.

 

Tindakan Perbaikan

Ini sangat penting diberlakukan pada setiap sistem haccp untuk menangani penyimpangan yang terjadi. Tindakan perbaikan harus mampu mengendalikan sistem pemantauan kembali di bawah kendali. Hal ini termasuk dari proses pembuangan produk yang mengalami penyimpangan.

 

Verifikasi catatan

Prosedur verifikasi ini mencangkup peninjauan terhadap sistem haccp dan catatannya yang telah dibuat. Serta verifikasi terhadap penyimpangan dan pengaturan produk.Setelah terjadinya beberapa proses kemudian prosedur verifikasi akan mengambil sampel secara acak untuk dianalisa.  Diakhiri dengan validasi sistem untuk memastikan sistem sudah memenuhi semua persyaratan dan memperbaharui sistem apabila terdapat perubahan yang terjadi dalam proses produksi.

 

Dokumentasi

Setelah itu melakukan beberapa contoh dan mendokumentasi. Hal-hal yang perlu di dokumentasi dalam sistem CCP adalah semua urutan yang tadi.

 

Kami Konsultan ISO bersedia membantu anda melakukan sertifikasi terhadap sistem manajemen keamanan. Kami juga melakuakn pelatihan tentang berbagai ISO. Daftar sekarang di Daftar Sekarang.

About the author

gea editor

1 Comment so far

Manfaat ISO 22000 Untuk Pemerintah – uncategoryzPosted on2:12 pm - Nov 8, 2019

[…] Baca Juga : Pendalaman ISO 22000 untuk FSMS dan HACCP […]

Comments are closed.

WhatsApp chat